@thesis{thesis, author={ANISAH ANISAH}, title ={PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN SELF CONTROL SISWA-SISWI KELAS VIII DI MTsN 3 KABUPATEN TANGERANG}, year={2024}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/626/}, abstract={Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Self Control Siswa-Siswi Kelas Viii Di Mtsn 3 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan agama Islam dalam membangun self control siswa-siswi kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun self control Siswa Siswi Kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Tangerang. (2) Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun self control Siswa-Siswi Kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru yang diperoleh dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih terdapat siswa-siswi di MTsN 3 Kabupaten Tangerang yang belum bisa mangatur emosi dan perilakunya, penyebab hal tersebut terjadi dikarenakan masih kurangnya kestabilan emosi pada diri sendiri, serta faktor lingkungan (sekolah, maupun media sosial) dan faktor keluarga yang menyebabkan ketidaksetabilan emosi. Maka dapat disimpulkan bahwa peran guru pai dalam self control siswa-siswi ini dapat berhasil dalam membangun self control siswa-siswi dengan adanya faktor pendukung disekolah (1) Kerjasama dari semua pihak Pendidik/Tenaga pengajar bukan hanya guru PAI serta (2). Adanya kebijaksanaan sekolah dalam menerapkan kedisiplinan. (3). Dan juga program ESQ (emotional spiritual quotient) yaitu untuk membangun diri sendiri bisa mengontrol emosi, biasanya program ini dilakukan ketika adanya siswa-siswi baru. Dapat didukung oleh pihak sekolah dalam terciptanya lingkungan yang nyaman bagi siswa-siswi MTsN 3 Kabupaten Tangerang. Kata Kunci: Peran Guru, Self Control.} }