@thesis{thesis, author={WULANDARI APRILLIA}, title ={KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 TANGERANG}, year={2024}, url={http://repository.umt.ac.id/id/eprint/631/}, abstract={Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata Pelajaran fiqih. Minat belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Namun seringkali peserta didik menunjukan minat yang rendah terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran agar dapat membangkitkan minat belajar peserta didik Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru-guru Pendidikan agama islam di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata Pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata Pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kreativitas guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang cukup efektif, dilihat dari cara guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode gabungan dan melibatkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran. , dari situ para siswa terlihat antusias menerima materi pembelajaran. Selain itu guru juga melakukan pendekatan individual untuk memberikan motivasi lebih untuk meningkatkan minat belajar siswa 2). Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah sekolah menyediakan fasilitas smart TV, buku digital dan menyediakan internet untuk mencari referensi di media sosial. Faktor penghambatnya adalah : Kurangnya literatur, terbatasnya literatur PAI yang tersedia di perpustakaan MAN 3, namun karena terbatasnya waktu yang tersedia untuk mendalami literatur PAI tidak banyak karena padatnya kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tangerang. Kata Kunci: Kreativitas, Minat Belajar,Fiqih} }