@thesis{thesis, author={An Nisa Nabila Pranowo }, title ={Analisis Strategi Keberhasilan Shopee Di Indonesia Pada Tahun 2015-2019}, year={2020}, url={https://repository.unair.ac.id/100738/}, abstract={Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis strategi masuk dan operasi yang digunakan oleh Shopee di Indonesia yang mana Shopee dapat mempertahankan posisinya sebagai online marketplace yang paling diminati masyarakat Indonesia sejak awal peluncurannya di tahun 2015 hingga tahun 2019. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi digital Indonesia yang dipenuhi oleh dua hambatan, yakni hambatan kondisi geografis dan hambatan kondisi demografis namun Shopee dapat mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan menerapkan strategi yang ada. Penelitian memosisikan Shopee sebagai aktor utama yang dapat menjawab pertanyaan terkait strategi apa saja yang diimplementasikan oleh Shopee agar dapat beroperasi dengan baik dan mendapatkan minat masyarakat Indonesia. Jawaban tersebut dikerangkakan melalui konsep internasionalisasi dalam Born Globals Strategy, inovasi dalam Marketing Mix, serta pemilihan determinan lokasi. Proses analisis menggunakan metode analisis kualitatif yang dapat menggambarkan pola dari konsep dan wawasan dari hasil interpretasi bahan linguistik atau visual melalui interpretasi terhadap sumber data yang didapat. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga strategi utama yang digunakan oleh Shopee untuk dapat masuk dalam pasar e-commerce Indonesia. Pertama, dipilihnya Indonesia sebagai determinan lokasi. Kedua, menentukan Born Globals Strategy sebagai strategi internasionalisasi. Ketiga, menerapkan 4 elemen P dalam strategi Marketing Mix yang dapat membantu Shopee untuk mengatasi hambatan ekonomi digital di Indonesia. Melalui temuan tersebut, terdapat sebuah pemahaman terkait arti penting penyusunan strategi bagi perusahaan asing dalam melakukan operasinya di negara tujuan ekspansi.} }