@thesis{thesis, author={Eka Transiana }, title ={Pengaruh Academic Stress, Achievement Motivation, Dan Perceived Social Support Terhadap Academic Burnout Siswa Smk Negeri “X” Surabaya}, year={2019}, url={https://repository.unair.ac.id/101049/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh academic stress, achievement motivation, dan perceived social support terhadap academic burnout siswa SMK Negeri ?X? Surabaya. Variabel academic stress dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Sun, dkk. (2011). Sedangkan variabel achievement motivation menggunakan teori yang dikembangkan oleh Keller, dkk. (1978). Sementara itu, variabel perceived social support menggunakan teori yang dikembangkan oleh Zimmet. (1988), dan variabel academic burnout menggunakan teori yang dikembangkan oleh Salmela-Aro, dkk. (2009). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Audio Video (TAV) dan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 103 siswa yang terdiri dari 88 orang berjenis kelamin laki-laki dan 15 orang berjenis kelamin perempuan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adaptasi dari Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) yang dikembangkan oleh Sun, dkk. (2011) dengan nilai r = 0,88 Cronbach?s ? untuk mengukur academic stress. Kemudian karakteristik achievement motivation menurut Keller, dkk. (1978) untuk mengukur achievement motivation. Sementara itu skal adaptasi dari Multidimentional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) yang dikembangkan oleh Zimmet. (1988) dengan nilai r = 0,81 Cronbach?s ? untuk mengukur perceived social support, dan skala adaptasi dari Student Burnout Inventory (SBI) yang dikembangkan oleh Salmela-Aro, dkk. (2009) dengan nilai r = 0,88 Cronbach?s ? untuk mengukur academic burnout. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan IBM SPSS 22 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara academic stress, achievement motivation, dan perceived social support secara simultan terhadap academic burnout dengan sumbangan sebesar 29,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sementara itu, secara parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa academic stress dan achievement motivation berpengaruh secara signifikan terhadap academic burnout, sedangkan perceived social support tidak berpengaruh secara signifikan terhadap academic burnout.} }