@thesis{thesis, author={Muji Sulistyowati }, title ={Model Sekolah Berwawasan Kesehatan Dalam Perspektif New Public Services (NPS)}, year={2019}, url={https://repository.unair.ac.id/101127/}, abstract={Sekolah, sebagai suatu institusi pendidikan, mempunyai peran dan kedudukan strategis dalam upaya meningkatkan kesehatan. Upaya promosi kesehatan di sekolah dalam bentuk health promoting school (HPS) diidentifikasi efektif dalam meningkatkan status kesehatan siswa di sekolah. Dari sisi metodologi sangat strategis sebab sudah tersedia kelembagaan untuk melaksanakan, yaitu program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Program UKS sebagai pelayanan publik apabila dilakukan dengan paradigma Pelayanan Publik Baru (New Public Services=NPS) akan memberikan dampak positif bagi pemerintah dalam pencapaian derajat kesehatan masyarakat, warga sekolah dan anak sekolah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi potensi dan kendala dalam pencapaian sekolah berwawasan kesehatan di Kota Surabaya berdasarkan karakteristik NPS, serta merekomendasikan model sekolah berwawasan kesehatan yang berperspektif NPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melibatkan 42 informan yang berasal dari tiga sekolah dasar negeri yang berada di wilayah kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus, serta terdapat studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua unit analisis memiliki potensi untuk dapat mengimplementasikan enam elemen SBK, meskipun terdapat sedikit perbedaan antara sekolah yang telah mendapat pendampingan dengan yang tidak. Model Sekolah Berwawasan Kesehatan dapat diimplementasikan dengan beberapa persyaratan. Temuan baru penelitian ini adalah Model Sekolah Berwawasan Kesehatan (SBK) dengan memperhatikan kontribusi shareholder sekolah di Indonesia, kota Surabaya khususnya, dengan pendekatan pelayanan publik di era kepentingan bersama.} }