@thesis{thesis, author={Riza Rizki Islami }, title ={Strategi Adaptif Pemilik Usaha Toko Kelontong Dalam Menghadapi Ritel Modern Di Kecamatan Cerme}, year={2021}, url={https://repository.unair.ac.id/108914/}, abstract={Perkembangan ritel modern saat ini begitu pesat bukan hanya di pusat kota saja melainkan di berbagai pelosok daerah salah satunya di Kecamatan Cerme. Perkembangan ritel modern di Kecamatan Cerme ini membuat para pemilik usaha toko kelontong harus bisa melakukan strategi adaptif untuk bisa mempertahankan usahanya ditengah perkembangan ritel modern. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi adaptif pemilik usaha toko kelontong dalam menghadapi ritel modern di Kecamatan Cerme.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yakni mengumpulkan suatu data dari informan yang dianggap memiliki atau menguasai permasalahan yang akan dikaji oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (Indepth Interview), observasi lapangan, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni scalling measurement empirical generalization dan logical induction. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan teori mekanisme survival dari James C. Scott dan tipologi strategi adaptif dari Mile and Snow. Hasil dari penelitian ini mengenai strategi adaptif yang dilakukan oleh pemilik yang menjadikan toko kelontong sebagai sumber utama maupun sumber tambahan memiliki strategi adaptif yang berbeda diantara keduanya. Mengikat sabuk lebih kencang yang dilakukan oleh pemilik usaha toko kelontong ini dilakukan dengan mengurangi variasi produk yang dijual dan hanya fokus pada produk kebutuhan pokok yang paling diminati oleh pembeli, mengurangi atau membatasi stok order pada sales untuk menghindari resiko kerugian apabila produk tidak laku terjual, menarik pembeli dengan mengadakan sale, memanfaatkan tenaga dari anggota keluarga untuk membantu menjaga toko kelontong. selain itu pemilik usaha toko kelontong juga melakukan diversifikasi usaha maupun diversifikasi produk untuk menambah penghasilan. Jaringan yang dimiliki oleh pemilik usaha toko kelontong antara lain yaitu jaringan dengan kemitraan dan jaringan dengan sales maupun toko agen. Tipologi strategi adaptif yaitu pada toko kelontong dengan penataan yang modern masuk dalam strategi prospektor. Sedangkan toko kelontong dengan penataan yang masih tradisional masuk kedalam strategi defenders.} }