@thesis{thesis, author={Jufridus Hendrikus Bau }, title ={Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien Penelitian Deskriptif Analitik}, year={2021}, url={https://repository.unair.ac.id/109241/}, abstract={Latar belakang: Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Kualitas pelayanan perawat di rumah sakit, merupakan suatu fenomena yang unik, sebab seseorang dalam mempersepsikan suatu kualitas pelayanan dapat berbeda diantara orangorang yang terlibat dalam pelayanan perawat. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis hubungan kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD,Atambua. Desain penelitian: penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-analitik dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 93 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan perawat, Variabel dependen yaitu kepuasan pasien. Analisis data yang digunakan adalah uji Rank spearman. Hasil penelitian: hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien (p=0,000) dengan korelasi antara dua variabel adalah kuat (r=0,419). Kesimpulan: terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien. Penelitian berikutnya dapat meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pasien seperti tingkat pendidikan, pengalaman kerja, status kepegawaian dan kebijakan rumah sakit.} }