@thesis{thesis, author={Danny Ontario Rusmono }, title ={Pengaruh Parental Involvement, Student Engagement Dan School Well-Being Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Airlangga}, year={2021}, url={https://repository.unair.ac.id/109880/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parental involvement, student engagement, dan school well-being terhadap prestasi akademik mahasiswa tahun pertama Universitas Airlangga. Variabel parental involvement menggunakan teori dari Lowe & Dotterer (2017), student engagement menggunakan teori dari Fredricks, dkk. (2004), dan school well-being menggunakan teori dari Konu & Rimpelä (2002). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dengan melibatkan 360 mahasiswa aktif tahun pertama Universitas Airlangga dengan menggunakan teknik snowball sampling. Alat ukur variabel prestasi akademik adalah dengan menggunakan IPK mahasiswa, untuk variabel parental involvement diadaptasi dengan proses translasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh Lowe & Dotterer (2017) dengan reliabilitas 0,692, variabel student engagement diukur dengan menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Wibowo (2019) dengan reliabilitas 0,839, dan alat ukur variabel school well-being menggunakan alat ukur dari Andreanti (2016) dengan reliabilitas 0,802. Hasil uji hipotesis menunjukkan parental involvement, student engagement dan school well-being secara bersama-sama memengaruhi prestasi akademik dengan nilai signifikansi 0,004 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak. Secara parsial, hanya parental involvement yang memberikan pengaruh signifikan dengan nilai 0,04, sedangkan student engagement dan school well-being tidak berpengaruh signifikan. Parental involvement, student engagement dan school well-being dalam penelitian ini memberikan pengaruh sebesar 29,7% terhadap prestasi akademik.} }