@thesis{thesis, author={Sugeng Purwanto }, title ={Narrative Online Advertising Sebagai Anteseden Pengembangan Model Consumer Acceptance Of Technology (Cat)}, year={2021}, url={https://repository.unair.ac.id/109984/}, abstract={Consumer Acceptance of Technology (CAT) merupakan pemodelan penerimaan teknologi bagi konsumen, yang merupakan pengembangan dari pemodelan Technology Acceptance Model (TAM) dengan memadukan factor afeksi dan emosi dari teori Pleasure Arousal Dominance (PAD). Dalam pemodelan TAM dikatakan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat produk teknologi disebabkan oleh variabel eksternal sebagai stimulus. Sementara pemodelan CAT masih sangat terbatas dilakukan penelitian yang melibatkan variabel eksternal sebagai stimulus atau sebagai anteseden yang mempengaruhi konsumen pada faktor afeksi dan emosi dan niat konsumen mengadopsi teknologi. Dari kesenjangan yang terjadi pada pemodelan CAT dan hasil penelitian yang melibatkan pemodelan TAM yang inkonsistensi, peneliti melakukan pengembangan model CAT dengan memasukan variabel eksternal sebagai anteseden, yaitu Narrative Online Advertising yang terdiri dari tiga dimensi yaitu Vividness, Entertainment, dan Self Referencing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model dan menguji apakah Narrative Online Advertising berpengaruh terhadap pemodelan CAT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik analisis Structrural Equation Modeling berbasis komponen (varian) yaitu Partial Least Square (SEM-PLS versi 3) untuk menguji model Narrative Online Advertising sebagai anteseden pada model CAT. Penelitian melibatkan 200 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling yang tersebar beberapa wilayah di Jawa Timur, yang mewakili konsumen pada niat menggunakan Go-Pay, dengan pengukuran indikator menggunakan skala likert 1-5 poin antara sangat tidak setuju – sangat setuju. Hasil penelitian diperoleh seluruh hubungan pengaruh langsung arahnya positif dan signifikan H1 Narrative Oline Advertising -> Perceived of Usefulness,H2 Narrative Oline Advertising. -> Perceived Ease of Use, H3 Narrative Oline Advertising -> Pleasure, H4 Narrative Oline Advertising -> Arousal, H5 Perceived of Usefulness -> Attitude Toward Adoption, H6 Perceived Ease of Use -> Attitude Toward Adoption, H7 Perceived Ease of Use -> Perceived of Usefulness, H8 Pleasure -> Attitude Toward Adoption, H9 Arousal -> Attitude Toward Adoption, dan H10 Attitude Toward Adoption -> Adoption Intention. Secara keseluruhan, pengembangan model dengan variabel Narrative Online Advertising sebagai anteseden pada model CAT menjelaskan lebih dari 50% varian pada niat adopsi konsumen mengadopsi Go-Pay, model ini ada peningkatan dibandingkan dengan Model CAT sebelumnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi teoritis berupa pengembangan konsep Consumer Acceptance of Technology (CAT) untuk produk Go-Pay atau produk teknologi e-wallet, serta memberi kontribusi empiris berupa strategi pemasaran yaitu dengan menggunakan iklan narasi online dapat mempengaruhi sikap dan niat konsumen menggunakan Go-pay, serta dapat dipergunakan sebagai pijakan untuk pengembangan penelitian selanjutnya.} }