@thesis{thesis, author={Lopez William}, title ={PERANCANGAN GAME EDUKASI PERKENALAN TOKOH KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TK PERTIWI III}, year={2019}, url={http://repository.unama.ac.id/1001/}, abstract={TK Pertiwi III merupakan taman kanak - kanak yang beralamat di Jln. Jend Sudirman RT.01 Kel. Thehok Jambi Selatan, Kota Jambi. Penulis melihat pembelajaran di TK Pertiwi III dimana metode pengajaran masih menggunakan konvensional. Guru mengajarkan bentuk, warna dan penjumlahan benda dengan memperlihatkan poster bergambar sebagai media ajar yang sekarang digunakan membuat anak didik terbatas dan sering bosan dalam menerima pembelajaran sementara murid kurang diperdayakan kemampuannya secara optimal, padahal dalam proses belajar mengajar murid diterapkan metode belajar sambil bermain. Dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan multimedia akan membuat metode baru pembelajaran secara konvensional menjadi belajar dengan simulasi berupa game edukasi. Maka dibuat sebuah media pembelajaran berupa game edukasi yang ditujukan untuk TK Pertiwi III sebuah game yang di dalamnya terdapat materi yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam belajar melakukan pembelajaran berupa mewarnai, mengenal berbagai macam tokoh kartun, puzzle, tebak gambar serta melatih kemampuan daya ingat anak. Untuk mendukung pemahaman terhadap penelitian yang penulis lakukan seperti game ,edukasi, game edukasi, media pembelajaran, tokoh kartun, Adobe Flash Professional CS6. sehingga kebutuhan anak dapat terpenuhi sesuai dengan tahap perkembangannya.} }