@thesis{thesis, author={Puga Huangssega Tapana}, title ={PERANCANGAN GAME EDUKASI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SEKOLAH DASAR XAVERIUS 2 JAMBI}, year={2017}, url={http://repository.unama.ac.id/907/}, abstract={Berdasarkan transkrip nilai pelajaran IPA kelas 4B, 5B, dan 6B diperoleh nilai rata-rata terendah pada siswa kelas 4B. Dalam hal ini, penulis menganalisa permasalahan yang ada disertai hasil quisioner yang dibagikan kepada siswa dan siswi kelas 4 sehingga penulis merancang sebuah aplikasi game edukasi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Sekolah Dasar Xaverius 2 Jambi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa dan siswinya agar bisa dapat mendapatkan hasil nilai yang lebih bagus. Berdasarkan hasil kuisioner yang dibagikan pada siswa siswi kelas 4B, 97% telah memiliki handphone /laptop /computer sendiri, 72% menyukai game dan 88% menyukai pelajaran IPA. Dalam penelitian ini, metode pengembangan software yang digunakan adalah metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi game edukasi ilmu pengetahuan alam sehingga akan lebih menyenangkan dan bersemangat dalam belajar. Aplikasi ini dilengkapi dengan gambar, animasi, dan suara sehingga lebih menarik. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa game edukasi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini dapat berjalan dengan baik.} }