@thesis{thesis, author={Julyarni Winda}, title ={Gambaran Stres Ibu dengan Anak Usia Sekolah Dasar pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Asano}, year={2021}, url={http://repository.uncen.ac.id/146/}, abstract={Akibat adanya pandemi COVID-19, Kemendikbud RI melakukan sistem pembelajaran secara daring. Adanya perubahan sistem pembelajaran mengakibatkan terjadinya peningkatan stres terhadap ibu. Dari hasil studi pendahuluan dengan wawancara didapatkan hasil bahwa ibu mengalami kesulitan dengan sistem pembelajaran daring, disebabkan ibu mengalami kesulitan dalam membagi waktu dan ibu masih belum memahami aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui gambaran stres ibu dengan anak usia sekolah dasar pada pembelajaran daring saat pandemic COVID-19 di kelurahan Asano. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi bivariat dengan chi Square. Jumlah sampel 189 orang dan dipilih dengan quota ssampling dan proportional sampel disetiap tingkat/kelas yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil yang mengalami stres terbanyak berdasarkan karakteristik usia <35 tahun sebanyak 60 responden (50,8%), pendidikan rendah sebanyak 80 responden (42,3%), tidak berkerja sebanyak 67 reponden (35,4%), dan pendapatan