@thesis{thesis, author={Emelda Emelda}, title ={Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura}, year={2021}, url={http://repository.uncen.ac.id/163/}, abstract={Kualitas pelayanan IGD Rumah Sakit dituntut memiliki sumber daya manusia diantaranya adalah perawat yang berhubungan langsung dengan pelayanan perawatan pasien sehingga dibutuhkan komitmen organisasi dan kepuasan keraja perawat agar kualitas pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sestional study. Populasi adalah perawat di IGD RSUD Jayapura sebanyak 40 dan dijadikan sampel (total sampling). Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan korelasi rank spearman. Hasil penelitian diperoleh komitmen organisasi perawat di IGD RSUD Jayapura sebagian besar dalam kategori baik sebanyak 26 orang (65%) dan kategori kurang sebanyak 14 orang (35%). Kepuasan kerja perawat di IGD RSUD Jayapura terkait dengan kepuasan kerja dalam kategori baik sebanyak 25 orang (62,5%) dan kategori kurang sebanyak 15 orang (37,5%). Kualitas pelayanan perawat di IGD RSUD Jayapura dalam kategori baik sebanyak 23 orang (57,5%) dan kategori kurang sebanyak 17 orang (42,5%). Terdapat pengaruh komitmen organisasi terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura. Terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura. Kata kunci : Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan} }