@thesis{thesis, author={Amri Siti Noor Rahmadhania Laode}, title ={Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Abepantai Kota Jayapura}, year={2022}, url={http://repository.uncen.ac.id/314/}, abstract={Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama yang didukung dengan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berpegang pada Standar Pelayanan Kefarmasian.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Abepantai Kota Jayapura. Penelitian ini di lakukan di puskesmas Abepantai Kota Jayapura pada bulan September 2022, dengan menggunakan jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross sectional .Populasi berjumlah 2002 responde dan sampel berjumlah 100 responden yang di dapatkan dengan menggunakan teknik secara purposive sampling, dengan indikator pria dan wanita umur minimal 20 tahun sampai 65 tahun , bisa membaca dan menulis dan sudah berkunjung lebih dari satu kali ke pelayanan kefarmasian di Puskesmas Abepantai Kota Jayapura.Analisis data dilakukan dengan menggunakan kuisoner dan data dianalisis menggunakan Skala Likerst. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan indikator tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Abepantai Kota Jayapura. menunjukkan kelima dimensi, yaitu dengan skore Ketanggapan 44,4% (tidak puas), ketanggapan dengan skore 42,9% (tidak puas) , Jaminan dengan skore 79,5% (puas), Empati dengan skore 78,9% (puas), dan Fasilitas berwujud dengan skore 58,18 (tidak puas).} }