@thesis{thesis, author={Susanawati Susanawati}, title ={IMPLEMENTASI PENGGUNAAN STORY MAPPING STRATEGY DI MAN 5 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021-2022 (STUDI KASUS)}, year={2023}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/129/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam sebuah strategi pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran membaca teks biografi di MAN 5 Jombang. Strategi tersebut adalah story mapping strategy, sebuah strategi pembelajaran yang telah banyak terbukti bisa membantu siswa dalam memahami teks bacaan. Rumusan masalah dari penelitian ini diformulasikan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan story mapping strategy, bagaimana proses penerapan story mapping strategy di MAN 5 Jombang, apakah story mapping strategy dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA MAN 5 Jombang. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subyek penelitian ini adalah para siswa kelas X MIPA MAN 5 Jombang yang berjumlah 50 siswa yang menggunakan story mapping strategy dalam pengajaran membaca teks biografi tokoh-tokoh agama Islam. Instrumen yang dipakai antara lain: pedoman observasi, lembar observasi, pedoman wawancara, angket, catatan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan selama tiga bulan. Penemuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa story mapping strategy adalah metode yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran bahasa Indonesia. Ini terbukti dari hasil observasi dan tes siswa menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan juga hasil belajar siswa. Dari 50 siswa kelas X MIPA, seluruh siswa memperhatikan penjelasan guru, 44 siswa mematuhi perintah guru dan 12 siswa bertanya/menjawab pertanyaan seputar materi yang dibahas di kelas. Angket yang dibagikan kepada siswa juga menunjukkan bahwa siswa tertarik dengan penggunaan story mapping strategy di kelasnya. Dari 50 siswa kelas X MIPA, 40 siswa merasa senang dengan pelajaran membaca teks biografi, 44 siswa merasa tertarik dengan kegiatan membaca teks biografi dengan menggunakan story mapping strategy, 38 siswa merasa bahwa story mapping strategy membantu mempermudah dan memperlancar mereka dalam memahami bacaan, 41 siswa merasakan manfaat dari memahami bacaan dengan menggunakan story mapping strategy dan 46 siswa merasa penggunaan story mapping strategy dapat diterapkan dalam kegiatan membaca.} }