@thesis{thesis, author={Ilmi Zakiyatul Fakhiroh Ilmi Zakiya}, title ={Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng}, year={2023}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/233/}, abstract={Keadaan yang diuraikan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng,dan bagaimanakah hasil dari implementasi shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa SDN Bareng 4, adakah faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa SDN Bareng 4. Metode dan Jenis pendekatan penelitian pada skripsi ini adalah deskriptif studi kasus SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng. Dan kualitatif yang lebih menekankan Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa adapun analisis pada proses penyimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan Trigulasi yakni mengadakan Obsevasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan program pembiasaan shalat dhuha di SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng di laksanakan setiap hari hari selasa ? jum?at secara terus menerus. Shalat dhuha ini dilaksanakan secara berjama?ah. Guru pembimbing memantau dan mendampingi dari awal pelaksanaan sampai selesai pelaksanaan. (2) Bentuk pembentukan karakter siswa SDN Bareng 4 melalui pembiasaan sholat dhuha ialah dengan pembiasaan, keteledanan dan nasehat yang setiap hari dilakukan oleh pihak sekolah. (3) Dampak implementasi sholat dhuha dalam pembentukan Karakter siswa SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng dapat dikatakan cukup baik. Hal ini ditandai dengan perubahan perilaku positif siswa. Perubahan itu terlihat: pertama, siswa memiliki akhlak yang baik terhadap Allah SWT, terhadap sesama teman, meningkatnya kecerdasan spiritual siswa, meningkatnya kedisiplinan waktu dan terbentuknya akhlakul karimah pada diri siswa. (4) Faktor pendukung kegiatan implementasi sholat dhuha diantaranya tingginya motivasi guru dan kesadaran serta antusias siswa untuk menjalankan program pembiasaan sholat dhuha (5) Faktor penghambat atau kendala dalam pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha ini ialah sarana dan prasana yang kurang memadai dan beberapa siswa yang kurang disiplin. Upaya untuk mengatasi kendala ialah menggunakan tempat ruang kelas atau perpustakaan sampai pembangunan tempat ibadah terealisasikan dan selalu memberi pengawasan dan nasehat kepada siswa yang masih kurang disiplin.} }