@thesis{thesis, author={Masruroh Emi}, title ={Implementasi pembelajaran fashohah (kefasihan) santri dalam meningkatkan kualitas baca'an al-qur'an di pondok pesantren Tahfidzul qur'an al-azhar mojokembang karanglo mojowarno jombang}, year={2022}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/2390/}, abstract={Membaca kitab suci Al-Qur?an bukan suatu hal yang sederhana, apalagi bagi orang non Arab, perlu belajar lebih extra, karena banyak sekali persoalan yang harus diperhatikan. Jika salah sedikit saja dalam membacanya maka akan menimbulkan hal yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran fashahah santri dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur?an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur?an Al-Azhar Mojokembang Karanglo Mojowarno Jombang. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Tahfidzul Qur?an Al-Azhar Mojokembang Karanglo Mojowarno Jombag. Dimana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan langsung tentang sesuatu fenomena yang terjadi. Dengan menggunakan landasan teori yang dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observsi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai berikut : Pertama, santri tidak hanya menerima informasi, tetapi cenderung berusaha untuk mencari informasi. Kedua, santri menjadi lebih giat untuk membaca Al-Qur?an. Ketiga, santri menjadi lebih baik dan disiplin dalam bacaan Al-Qur?annya. Keempat, suasana belajar yang pada mulanya terlihat menjenuhkan menjadi terlihat lebih menyenangkan. Dalam mengimplementasikan pembelajaran fashohah yang lebih diutamakan adalah kualitas pendidik serta keaktifan santri, maka dari itu diharapkan adanya kerjasama yang baik antara ustadz, pengasuh pesantren, pengurus pesantren serta santri dan santriwati.} }