@thesis{thesis, author={Wulandari Tri Desi}, title ={EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC SELF AWARENESS SISWA SMA}, year={2022}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/2663/}, abstract={Wulandari, Tri Desi, Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Reframing untuk Meningkatkan Academic Self Awareness Siswa SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing : (I) Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd. (II) Ely Roy Madoni, M.Pd. Kons. Academic self awareness atau kesadaran diri dalam belajar adalah kesadaran siswa di sekolah agar siswa dapat menyesuaikan diri, memahami dan mengendalikan dirinya sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah, tidak hanya belajar dan menambah pengetahuan saja, tetapi siswa juga harus bisa mengontrol diri dengan baik sesuai harapan dan tujuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen Design dengan model penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Darul Ulum 3. Sampel penelitian berjumlah 10 orang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok control masing-msing 5 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner academic self awareness yang dikembangkan peneliti dengan jumlah item 49 berdasarkan aspek emotional awareness, accurate self-assessment, dan self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh perlakuan yang diberikan terhadap variabel dependen (terikat). Pengolahan data dan teknik analisis data menggunakan Statistical Product and service solution (SPSS) versi 21. Berdasarkan hasil analisis data statistic parameterik uji paired sample t-test diperoleh hasil asymp. sig (2-tailed) sebesar 0,002. Karena nilai asymp. sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima dan Ho ditolak, yang artinya konseling kelompok teknik reframing efektif untuk meningkatkan academic self awareness.} }