@thesis{thesis, author={Ahmad Faisal}, title ={EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA MA}, year={2022}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/2697/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang mengalami masalah penyesuaian sosial, hal ini dibuktikan siswa MA sering menyendiri, bersikap apatis dan sering bolos sekolah. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan judul efektivitas konseling behavioral untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa MA. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan konseling behavioral didalam meningkatkan penyesuaian sosial siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimental, teknik pengambilan sample yang digunakan sample random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA-AL IHSAN Jombang, sampel penelitian yang diambil yaitu 27 peserta didik, instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan desain pre-test dan post-test control grup design adapun teknik analisis data yang digunakan independent sample t-test. Berdasarkan data pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penyesuaian sosial siswa MA AL-IHSAN Jombang. Setelah dilakukan konseling behavioral terjadi peningkatan dibandingkan hasil pre-test sebelum dilakukan konseling behavioral. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil pengujian yang disajikan dalam program SPSS Versi 22 dengan hasil sig 0,00> a= 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa layanan konseling behavioral efektif meningkatkan penyesuaian sosial siswa MA AL-IHSAN Jombang. Kata kunci: konseling behavioral, penyesuaian sosial} }