@thesis{thesis, author={ISNANIK MUHAZAROH}, title ={PENGARUH PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI EVOLUSI DALAM PENANAMAN KEIMANAN PADA SISWA KELAS XII IPA MAN 6 JOMBANG}, year={2023}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/287/}, abstract={Bahwa proses penciptaan makhluk hidup terutama manusia bermula dari air. Dalam ilmu pembelajaran Biologi, Evolusi adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan Makhluk hidup dari tingkat yang rendah ke tingkat yang tinggi. Evolusi (dalam kajian biologi) pada sifat-sifat terwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual pada Materi Evolusi dalam Penanaman Keimanan Kelas XII IPA MAN 6 Jombang.. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Prosedur Penelitian dan Pengembangan dilakukan dengan identifikasi Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk dan Validasi dan Uji Coba Lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri 6 Jombang yang 58 yang terdiri dari 2 rombel yaitu kelas XII IPA-1 berjumlah 29 siswa dan kelas XII IPA-2 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Data-data yang harus dianalisis dalam penelitian ini adalah angket validasi materi, angket validasi media, angket validasi bahasa, angket tanggapan peserta didik dan angket tanggapan pendidik biologi pada peningkatan keimanan dengan skala linkert. Teknik analisa yang digunakan adalah variansi dua jalan atau juga disebut Anava dua-jalur. Dihasilkan 1. Ada perbedaan efektifitas antara Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual dan non kenterkstual pada Materi Evolusi di Kelas XII IPA MAN 6 Jombang dengan nilai unggul. 2. Secara parsial variabel postest dan prestest pada kelas eksperimen dan kontrol Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual dan non kenterkstual pada Materi Evolusi tidak memiliki pengaruh terhadap penanaman keimanan di Kelas XII IPA MAN 6 Jombang. 3. Secara simultan variabel postest dan prestest pada kelas eksperimen Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual memiliki pengaruh terhadap penanaman keimanan, tapi pada kelas kontrol variabel postest dan prestest pada Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis non-kontekstual tidak memiliki pengaruh terhadap penanaman keimanan.} }