@thesis{thesis, author={Tri Dianita}, title ={PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN STAD PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII MTSN 17 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022}, year={2022}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/554/}, abstract={Berdasarkan observasi ketika peneliti melakukan proses pembelajaran sebelum penelitian bahwa peserta didik mempunyai kebiasaan keluar disaat proses pembelajaran berlangsung, ketika proses tanya materi sebagian peserta didik menjawab paham dengan yang dijelaskan dan sebagian lain memilih untuk tidak menjawab, menyebabkan pendidik berpikir bahwa peserta didik sudah memahaminya. Namun, ketika pendidik bertanya seputar materi yang disampaikan peserta didik tidak dapat menjawab dengan tepat. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik kelas VIII untuk sub ? materi Sel mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 73, ternyata hanya sekitar 60% siswa yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut diperlukanya sebuah metode pembelajaran yang dianggap efektif dan inovatif yakni model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen yakni metode dalam penelitian ini membandingkan dua kelompok eksperimen. Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Populasi peneltian ini adalah siswa MTsN 17 Jombang pada Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 103 orang, yang terdiri dari 4 kelas A, B, C dan D. Sampel adalah wakil dari populasi yang diteliti. Dalam penelitian ini sampelnya yakni 26 peserta didik dijadikan kelas ekperimen Jigsaw dan 25 peserta didik dijadikan kelas eksperimen STAD. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dimana populasi dipilih dengan memilih kelas ? kelas yang diperkirakan sama keadaan/kondisinya. Berdasarkan data hasil belajar aspek kognitif kelas VIII ? B dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) memiliki rata ? rata postest 69,9 dengan 18 peserta didik mencapai nilai ? 73 dengan nilai tertinggi 92 dan 22 peserta didik belum mencapai nilai ? 73 dengan nilai terendah 44. Data hasil belajar kelas JIGSAW memperoleh postest nilai rata ? rata 76,7 dengan 25 peserta didik mencapai nilai ? 73 dengan nilai tertinggi 96 dan 15 peserta didik belum mencapai nilai ? 73 dengan nilai terendah 48. Adanya perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)dan JIGSAW dengan hasil perhitungan thitung tersebut diperoleh 2,29 kemudian dibandingkan dengan ttabel dk = n1 + n2 = 40 + 40 = 80. Dengan dk 80 dan taraf kesalahan 5%, maka ttabel = 1,990. thitung lebih besar dari ttabel (2,29 ? 1,990). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.} }