@thesis{thesis, author={Nadhifah Umi}, title ={MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AKHLAK MELAUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI MA AL-IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG JOMBANG}, year={2024}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/864/}, abstract={Meningkatkan Aktivitas Belajar PAI Pada Materi Akhlak Melalui Model Pembelajaran Talking Stick di MA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang Oleh : Umi Nadhifah NIM. 202004010017 ABSTRAK Pelaksanaan model pembelajaran Talking stick dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sendiri bisa menjadikan atau membuat siswa lebih aktif berbicara ataupun menjawab soal-soal pembelajaran dengan berbicara. Adapun untuk tujuan dari penelitian ini adalah pertama, yaitu untuk mengimplementasikan model pembelajaran Talking Stick di MA Al-Ihsan kalikejambon tembelang Jombang. Kedua, bagaimana aktivitas siswa salah satu kelas X IPA 1 di MA Al-Ihsan kalikejambon tembelang Jombang saat diterapkan model pembelajaran Talking Stick, dan ketiga bagaiamana hasil siswa di kelas X IPA 1 di MA Al-Ihsan kalikejambon tembelang Jombang terhadap pembelajaran akhlak dengan model Talking Stick. Penelitian ini juga didasari oleh model pembelajaran minim yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan untuk objek yang digunakan dalam peneitian ini ialah siswa kelas X IPA 1 di MA Al- Ihsan kalikejambon tembelang Jombang. Metode pengumpulan pada penelitian ini yaitu dengan metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Temuan yang didapat dari hasil observasi dan wawancara bahwa di MA Al- Ihsan kalikejambon tembelang Jombang sendiri belum diterapkan metode pembelajaran Talking stick pada Pembelajaran Agama Islam, hal ini membuat aktivitas belajar masih rendah dan kurang aktif. Kemudian setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick pada salah satu kelas X IPA 1 di MA Al ? Ihsan kalikejambon tembelang Jombang dengan materi akhlak aktivitas belajar pada siswa mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan. Kata Kunci : Model Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran (Talking Stick)} }