@thesis{thesis, author={Ainun Jariyah}, title ={PENGARUH SIKAP DISIPLIN BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTsN 12 JOMBANG}, year={2023}, url={http://repository.undar.ac.id/id/eprint/96/}, abstract={Ainun Jariyah, 2022.Pengaruh Sikap Disiplin Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IX di MTsN 12 Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Adibah, M.Pd.I., (2) Dr. H. Atim Subekti, M.Pd.I., M.H.I. ABSTRAK Belajar adalah salah satu bentuk kewajiban dari seorang siswa untuk menjadi seorang yang berilmu. Proses belajar ini dapat dilakukan siswa dengan rutin atau hanya terkadang saja karena adanya rasa malas dalam diri mereka. Hal ini menyebabkan mereka akan sulit menjadi siswa yang berprestasi. Semangat disiplin belajar harus ditingkatkan untuk meningkatnya prestasi siswa. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan kompetensi guru sebagai dorongan untuk meningkatkan diplin belajar siswa. Pada kompetensi guru ini diharapkan memberikan pembelajaran dengan penyampaian yang menarik, sehingga siswa tidak akan malas dan bosen dalam belajar. Jika disiplin belajar siswa dan kompetensi guru sudah terpenuhi, maka diharapkan prestasi siswa dapat terjadi. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan kuantitati. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTsN 12 Jombang Jombang. Sampel yang digunakan sebesar 132 siswa yaitu siswa kelas IX MTsN 12 Jombang. Berdasarkan dari penelitian ini didapatkan hasil adanya pengaruh Sikap disiplin belajar terhadap Prestasi belajar di MTsN 12 Jombang. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menggunakan SPSS menunjukkan bahwa nilai thitung 4,343 > ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Ada pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi belajar di MTsN 12 Jombang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji parsial (uji t.) menggunakan SPSS yang menyatakan bahwa nilai thitung 4,343 > ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,536, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh Sikap disiplin belajar dan kompetensi Guru dengan prestasi IPS siswa di MTsN 12 Jombang adalah sebesar 53,6% sedangkan sisanya yaitu 46,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.} }