@thesis{thesis, author={Ratih Susilowati}, title ={PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA}, year={2021}, url={http://repository.undha.ac.id/1408/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh motivasi, disiplin dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 8 Surakarta dengan jumlah sampel sebesar 91 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruhmotivasi, disiplin dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan uji goodness of fit digunakan untuk menguji kelayakan model dalam penelitian. Hasil pengujian koefisien determinan regresi menunjukkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk memprediksi prestasi belajar siswa. Hasil pengujian uji signifikan t menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMAN 8 Surakarta, disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMAN 8 Surakarta dan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMAN 8 Surakarta. Motivasi adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa SMAN 8 Surakarta. Motivasi, disiplin dan lingkungan sekolah mampu menjelaskanprestasi belajar siswa sebesar 21,1% (Adjusted R Square) dan sisanya 78,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Motivasi merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa, maka dalam upaya memperbaiki prestasi belajar, perlu diprioritaskan untuk mendorong kebijakan peningkatan motivasi.} }