@thesis{thesis, author={Yola Nandasari Hasanudin}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA}, year={2021}, url={http://repository.undha.ac.id/1422/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas terhadap pelayanan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 pasien. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asuimsi klasik, uji linier berganda, uji t, uji F dan uji R2 (koefisien determinasi). Hasil iji regresi linier berganda dapat diketahui bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien pasien rawat inap RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Hasil uji t dapat diketahui bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pasien rawat inap RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Hasil uji F dapat diketahui bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pasien rawat inap RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Hasil uji R2 (koefesien determinasi) diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,311 yang artinya variabel pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pasien rawat inap RS PKU Muhammadiyah Surakarta mampu dijelaskan sebesar 31,1%. Sedangkan sisanya 68,9% lainnya tidak dijelaskan dalam penelitian ini misalnya karakteristik pasien, kepedulian, kinerja layanan kesehatan.} }