@thesis{thesis, author={Wardani Nabila Tri}, title ={Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Polya Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Pada Siswa Kelas Ivb SDN Karangrejo 02 Jember}, year={2020}, url={}, abstract={Tujuan pembelajaran matematika menurut kurikulum 2013 (Kemendikbud 2013) menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan scientific (ilmiah). Kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan agar pembelajaran bermakna yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Berdasarkan tujuan kemampuan yang telah diuraikan diatas, diharapkan siswa pada jenjang sekolah dasar (SD) sudah mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Soal-soal pemecahan masalah matematika berupa soal cerita yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapang, masih banyak siswa kelas IV SD yang belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember; (2) Apakah penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember. Tujuan penelitian ini adalah menelaah jenis kesalahan dan mendeskripsikan penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.} }