@thesis{thesis, author={TAMARRADINI Fikria Hannum}, title ={Korelasi Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo}, year={2022}, url={}, abstract={Bersosialisasi merupakan proses penanaman kebiasaan yang ada di lingkungan sosial pada diri individu. Sosialisasi dimulai dari mengenali dirinya sendiri di lingkungan keluarga hingga mengenali dirinya di lingkungan masyarakat, dengan begitu seseorang mampu mengetahui peran dan tindakan yang seharusnya dilakukan di lingkungannya berada. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bersosialisasi salah satu adalah kecerdasan yang dimiliki siswa. Kecerdasan ini mencakup kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Membahas mengenai kecerdasan emosional, seseorang dikatakan memiliki emosi yang stabil apabila memiliki lima aspek, salah satunya yaitu kemampuan mengenali emosi orang lain dan dapat membina hubungan. Hal tersebut tentunya memengaruhi penguasaan siswa dalam bersosialisasi atau bergaul dengan teman sebayanya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah dan memberikan pengetahuan mengenai sejauh mana korelasi antara kecerdasan emosional dengan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN Kemuning Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pada sampel yang berjumlah 58 siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Angket yang disediakan meliputi angket kecerdasan emosional dan angket kemampuan bersosialisasi. Angket dibagikan kepada responden via link Google Form dengan bantuan perantara yaitu guru kelas pada tanggal 16 April 2021. Angket sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum diberikan pada sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan aplikasi olah data SPSS versi 23. Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel (0,596 > 0,259) dan koefisien determinasi sebesar 35,5% sumbangan kontribusi kecerdasan emosional terhadap kemampuan bersosialisasi siswa, sedangkan sisanya sebesar 64,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat diambil kesimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas VI SDN Kemuning Sidoarjo tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, pihak sekolah, maupun peneliti lain. Saran yang dapat diberikan peneliti yakni hendaknya pihakpihak yang terkait dapat lebih memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan bersosialisasi siswa khususnya terkait kecerdasan emosional yang dimiliki siswa. Saran peneliti bagi peneliti lain yakni hendaknya mempertimbangkan dan memperhatikan faktor lain yang bisa memengaruhi kemampuan bersosialisasi siswa untuk penelitian selanjutnya.} }