@thesis{thesis, author={ADYATMAN and Dra. }, title ={Skripsi. Hubungan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Kemampuan Kerja Sama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo}, year={2015}, url={}, abstract={Adyatman Katili. 2015. Skripsi. Hubungan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Kemampuan Kerja Sama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini apakah terdapat hubungan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan kemampuan kerja sama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan kemampuan kerja sama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan kemampuan kerja sama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dokumen, dan angket. Angket digunakan sebagai teknik pengumpulan data yang utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis diperoleh gambaran bahwa t hitung > t tabel. Di mana t tabel pada taraf signifikasi 0,05 dengan dk (n-2) = (31-2) = 29 sebesar 1.70, dengan kriteria pengujian Ho : ditolak jika t hitung > t tabel dan Ho diterima jika t hitung < t tabel. Dengan demikian, t hitung = 5.87 > 1.70, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara pelaksanaan bimbingan kelompok dengan kemampuan kerja sama siswa. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan kemampuan kerja sama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Kata kunci: bimbingan kelompok, kerja sama. } }