@thesis{thesis, author={Dra. and IRPAN and KASRIN }, title ={Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Siswa Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo}, year={2016}, url={}, abstract={ABSTRAK Kasrin. 2015. Skripsi. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Siswa Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket. Pengujian instrumen melalui uji validitas soal/angket dan uji reliabilitas soal/angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mempersentasikan hasil jawaban siswa melalui angket yang telah disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang paling tinggi persentasenya adalah indikator kebutuhan siswa dengan persentase sebesar 82.80 %, pemahaman diri 82.20 %, kompetensi guru BK 81.83 %, pendekatan yang digunakan guru BK sebesar 80.08 %, kesadaran diri 73.23 %, dan fasilitas yang menunjang 67.78 %. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dipengaruhi oleh kesadaran diri, kebutuhan siswa, pemahaman diri, kompetensi guru BK, pendekatan yang digunakan guru BK, dan fasilitas yang menunjang. Kata Kunci: Motivasi, Layanan Bimbingan dan Konseling. } }