@thesis{thesis, author={Dra. and JAMILA }, title ={Hubungan Pemanfaatan Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo}, year={2013}, url={}, abstract={ABSTRAK Jamila Saridi. NIM. 111 409 095. ”Hubungan Pemanfaatan Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, S.Pd, dan pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling pribadi-sosial dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling pribadi-sosial dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi korelasi sederhana untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y Pengujian normalitas data yang telah dilakukan, menunjukkan data baik variabel X maupun variabel Y benar-benar normal. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi dan hipotesis ? = 19.98 + 0.72X. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling pribadi-sosial), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (kecerdasan emosional siswa) sebesar 0.72 unit, dengan asumsi kedua variabel linier dan berarti. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasi r = 0.73 dan koefisien determinasi r2 = 0.5329 atau 53.29%. Hal ini berarti berarti sebesar 53.29% kecerdasan emosional siswa ditentukan oleh pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling pribadi-sosial dan sebesar 46.71% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak terdesain dalam penelitian ini. Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thirung lebih besar dari tdaftar dan berada diluar penerimaan Ho. Dengan demikian, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara pemanfaatan layanan bimbingan dan konseling pribadi-sosial dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo. Dengan adanya hubungan tersebut, maka guru BK sebaiknya dalam membimbing siswa dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa hendaknya disesuaikan dengan karateristik permasalahan yang dimiliki oleh siswa, sehingga kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah dapat diselesaikan dengan baik Kata Kunci: Pemanfaatan Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dan Kecerdasan Emosional Siswa } }