@thesis{thesis, author={ARMAN and Dra. }, title ={DESKRIPSI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI KOTA GORONTALO}, year={2014}, url={}, abstract={ABSTRAK Arman H. Arif 2014. Deskripsi Faktor Yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Tuti Wantu,M.Pd, Kons dan pembimbing II, Dra. Mardia Bin Smith S.Pd, M.Si. permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang mengalami masalah penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kuantitatif yang membahas mengenai faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri pada siswa.kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Variabel dalam penelitian ini adalah berdasarkan teori Schneiders (2006: 25). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 350 orang. Adapun yang menjadi anggota sampel dalam penelitian ini adalah di ambil sebesar 10 % yaitu 35 orang dari 350 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dalah secara random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis presentase. Hasil perhitungan diperoleh data bahwa diantara lima faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo, faktor mekanisme pertahanan diri yang memperoleh persentase tertinggi yakni sejumlah 74,57% hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa dipengaruhi oleh mekanisme pertahanan diri. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan kepada guru khusunya guru bimbingan dan konseling agar dapat memperhatikan tingkat faktor yang mempengruhi penyesuaian diri pada siswa sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan berkembang secara optimal. Kata Kunci : Faktor Yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri } }