@thesis{thesis, author={Dra. and HASNA and IRPAN }, title ={Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo}, year={2014}, url={}, abstract={A B S T R A K Hasna Abas Djafar. NIM. 111 410 047. "Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II: Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas VIII1 di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII1 di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui bimbingan kelompok teknik diskusi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang, siswa laki-laki 12 orang, dan perempuan 18 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar berjumlah 18 orang (60%), kurang memiliki aktivitas belajar 6 orang (20%) dan tidak memiliki aktivitas belajar 6 orang (20%). Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil, siswa yang memiliki aktivitas belajar berjumlah 26 orang (87%), kurang memiliki aktivitas belajar 4 orang (13%), dan tidak memiliki aktivitas belajar 0%. Dengan demikian, hipotesis tindakan: "Jika digunakan bimbingan kelompok teknik diskusi, maka aktivitas belajar siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan", dapat diterima. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi } }