@thesis{thesis, author={MEISKE and NORMA and Prof. }, title ={DESKRIPSI GAYA BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA GORONTALO }, year={2017}, url={}, abstract={ABSTRAK Norma Yunita Mokoginta. 2016. Deskripsi Gaya Belajar Siswa pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M,Pd. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo yaitu masih banyak siswa yang belum mengetahui gaya belajarnya masing-masing sehingga masih banyak siswa yang memiliki nilai rendah, daya serap siswa terhadap pelajaran masih kurang, siswa akan paham dengan pelajaran hanya dengan metode-metode tertentu, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis gaya belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 150 orang siswa. Teknik untuk pengumpulan data yang di gunakan adalah instrumen angket. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan analisis data presentase bahwa gaya belajar siswa dengan indikator gaya belajar visual memperoleh hasil presentase 76,54%. Indikator gaya belajar auditory memperoleh data presentase 75,64%. Sedangkan indikator gaya belajar kinestetik memperoleh data presentase 67,09%. Hal ini menunjukan bahwa gaya belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo lebih didominasi oleh gaya belajar visual. Penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan gaya belajar siswanya sendiri dan untuk siswa itu sendiri agar diberi pemahaman tentang gaya belajar agar siswa bisa mengetahui gaya belajarnya sendiri, sehingga penelitian ini diharapkan menjadi pedoman atau acuan untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang gaya belajar. Kata kunci : Gaya Belajar, Visual, Auditory, Kinestetik } }