@thesis{thesis, author={Dr. and ISNAH and Prof. }, title ={Peran Pendidik Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Isna Lawuo, 2012. Peran Pendidik Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd, pembimbing II, Mohamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualtitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik telah mampu memerankan tugasnya sebagai seorang agen pembelajar. Hal ini dapat dilihat dari indikator tentang kemampuan guru dalam memerankan tugas pokoknya yakni: Kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan penilaian perkembangan anak dan kemampuan pendidik dalam mengembangkan pembelajaran. Sehingga berdasarkan hasil penilaian itu maka dapat disimpulkan bahwa para pendidik di Kelompok Bermain An-Nisa merupakan pendidik yang Mampu berperan sebagai seorang pendidik anak usia kelompok Bermain. Saran dalam penelitian ini adalah agar setiap pendidik anak usia dini khususnya pendidik anak usia Kelompok Bermain, hendaklah memiliki kemampuan seperti yang ditelah diperlihatkan oleh pendidik PAUD di Kelompok Bermain An- Nisa. Dengan demikian tujuan umum pendidikan anak usia dini secara nasional dapat diperoleh secara optimal. Kata kunci: Pendidik PAUD, Kegiatan Pembelajaran} }