@thesis{thesis, author={ARIFIN and NOLDY and Prof. }, title ={Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Noldy Latada, 2012 : Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Prof.Dr.Abd Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II: Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan laboratorium yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran penggunaannya. Yang meliputi pendayagunaan perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengendalian antara pengguna dengan pengelola serta evaluasi yang dihadapi. Dalam penelitian ini, digunakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran Angket. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang mengolah data secara sederhana atau menggunakan Tenik Random Sampling dari kuisioner yang disebarkan kepada 60 responden atau pemakai laboratorium Hasil analisis menunjukan bahwa perencanaan program pengelola laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo dengan kategori Baik. Pengorganisasian Pengelola Laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo dengan kategori Sangat Baik. Pengendalian Pengelola Laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo dengan kategori Sangat Baik. Serta evaluasi Pengelola Laboratorium dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo dengan kategori Sangat Baik. Kata Kunci: Pengelolaan Laboratorium, Kualitas Pembelajaran } }