@thesis{thesis, author={Dr. and EMILIA and Prof. }, title ={PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN MUTU TERPADU (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 TIBAWA KABUPATEN GORONTALO)}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Emilia R. Djailani. 2012. Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Terpadu (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Ansar Made, S.Pd. M.Si, M.Si, Pembimbing II : Dr. Arwildayanto, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan prinsip pemahaman pelanggan di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, 2) mendeskripsikan penerapan prinsip keterpaduan aktivitas di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, 3) mendeskripsikan penerapan prinsip melakukan tindakan dengan benar di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, 4) mendeskripsikan penerapan prinsip pengendalian proses se di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, 5) mendeskripsikan penerapan prinsip sinergi tim di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, serta 6) mendeskripsikan penerapan prinsip berorientasi mutu di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan komite sekolah yang ada pada SMP Negeri I 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penerapan prinsip pemahaman pelanggan oleh stakeholder pendidikan di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, 2) penerapan prinsip keterpaduan aktivitas dilakukan dengan membangun kebersamaan dengan semua stakeholder sehingga segala sesuatu dapat dilaksanakan dengan baik dan akan mencapai sasaran yang diharapkan, 3) penerapan prinsip melakukan tindakan dengan benar dalam melaksanakan aktivitas dilakukan dengan memahami berbagai persyaratan dalam mengerjakan tugas sesuai dengan Standar Prosedur Operasional, 4) penerapan prinsip pengendalian proses dalam pengembangan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Tibawa, 5) penerapan prinsip sinergitas tim, dan 6) Penerapan prinsip berorintasi mutu. Terkait temuan penelitian disarankan 1) penerapan prinsip manajemen mutu terpadu perlu secara terus menerus dievaluasi, 2) penerapan prinsip manajemen mutu terpadu perlu mendapatkan dukungan dari semua stakeholder yang terkait, serta 3) Perlu dilakukan penelitian lanjutan mengkaji dan menganalisis faktor lain yang berhubungan dengan penerapan prinsip manajemen mutu terpadu. Kata Kunci: Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Terpadu } }