@thesis{thesis, author={Dr. and Prof. and TITIN }, title ={PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TELAGA KABUPATEN GORONTALO}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Titin Arjun Igirisa. Tahun 2012. Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof.Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Arwildayanto, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: 1) perencanaan pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, 2) implementasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, 3) monitoring dan evaluasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Telaga, dan 4) sustainability program BOS di Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Telaga Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan, program dana BOS mengacu pada 14 program dana BOS sesuai dengan juknis yang telah ditentukan, dengan fokus pada 3 program yaitu program peningkatan kualitas siswa, program peningkatan kualitas guru, serta program pemeliharaan ringan untuk sarana fisik sekolah. Penyusunan program BOS dilaksanakan secara matang serta dalam perencanaannya melibatkan stakeholder terkait sehingga menghasilkan perencanaan dana BOS yang ideal, 2) pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan, yaitu mengacu pada fungsi-fungsi pengelolaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, melibatkan berbagai pihak dalam proses pengelolaannya sehingga menghasilkan tingkat akurasi pengelolaan yang cukup optimal, 3) monitoring dan evaluasi pengelolaan BOS dilaksanakan rutin secara terprogram. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengelolaan keuangan sekolah yang bersih dan untuk mengetahui progress setiap program yang dilaksanakan serta hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pengelolaan dana BOS sehingga mampu menghasilkan pengelolaan dana BOS yang berkualitas, dan 4) sekolah telah berupaya menjaga sustainibilitas program BOS dapat dilaksanakan secara konsisten dan terpaku pada peningkatan kualitas siswa secara berkelanjutan. Konsistensi dalam sustainibilitas program selalu dijaga dan dikembangkan, sehingga menjadikan program BOS memiliki sisi kebermaknaan yang sangat tinggi dalam membantu untuk meningkatkan kualitas anak didik. Kata Kunci: Pengelolaan, Bantuan Operasional Sekolah } }