@thesis{thesis, author={Prof. and WANHANDRIK and WARNI }, title ={PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP PENGELOLAAN KONFLIK SISWA DI KELAS SE KECAMATAN BILATO KABUPATEN GORONTALO}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Wanhandrik Tahalu. 2012. Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di Kelas Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Hi. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kecerdasan emosional guru di Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kab. Gorontalo. Untuk mengetahui pengelolaan konflik siswa di Kelas oleh guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di Kelas Sekolah Dasar Se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, obervasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional guru akan sangat tergantung pada yang diukur melalui kemampuan guru berada pada kategori yang “kuat” hal ini menunjukan kecerdasan emosional yang semakin tinggi akan semakin meningkatkan pengelolaan konflik terhadap siswa di kelas. 2) Pengelolaan konflik diukur melalui bentuk konflik yang terjadi di kelas dengan indikator kategori yang “tinggi” hal ini menunjukan pengelolaan konflik yang tinggi dapat menggambarkan tingkat kecerdasan guru, 3) Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik siswa di kelas menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada pengelolaan konflik di SDN se Kecamatan Bilato. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan konflik menunjukan koefisiensi yang tinggi. Tingkat koefisien ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengelolanan konflik siswa di kelas se Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo. Adapun saran penelitian ini yaitu : berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kecerdasan emosional berada pada tingkat atau level baik dalam meningkatkan Pengelolaan Konflik, untuk itu agar di masa mendatang lebih ditingkatkan, 2) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi Pengelolaan Konflik khususnya di SD se Kecamatan Bilato. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pengelolaan Konflik, Siswa } }