@thesis{thesis, author={Prof. and WIDYANINGSIH }, title ={EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN GORONTALO.}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Widyaningsih Lapolo. 2015. Efektivitas Pengelolaan Pendidikan dan Pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II Dr. Phill Ikhfan Haris, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gorontalo, 2) Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gorontalo, dan 3) Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gorontalo. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Efektivitas pengelolaan pendidikan dan pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gorontalo secara umum sudah berada pada kategori efektif dengan hasil persentase 83,9%, artinya efektivitas pengelolaan pendidikan dan pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gorontalo jika ditinjau dari perencanaan program, pelaksanaan program dan evaluasi program pendidikan dan pelatihan telah terlaksana secara efektif, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki oleh pihak penyelenggara. Disarankan: 1) Bagi BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo, perlu meningkatkan komunikasi dan sinergitas antar penyelenggara dan peserta sehingga dapat mendesain program diklat kearah yang lebih baik agar dapat mencapai tujuan dan sasaran pelaksanaan program diklat demi penyelenggaraan diklat yang berkualitas. 2) Bagi penyelenggara diklat perlu melakukan transparansi tentang sumber dana yang digunakan dalam pelaksanaan diklat. 3) Bagi peserta diklat hendaknya memanfaatkan dan merealisasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari pelaksanaan diklat semaksimal mungkin dalam pelaksanaan kinerja dalam instansi/unit kerja masing-masing. Kata Kunci : Efektivitas Pengelolaan, DIKLAT} }