@thesis{thesis, author={DEWI and Dr. and Prof. }, title ={PENGELOLAAN FULL DAY SCHOOL DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 100 KOTA GORONTALO}, year={2019}, url={}, abstract={Dewi Anggriyani Muis, 2019. Pengelolaan Full Day School dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 100 Kota Gorontalo. Hasil Penelitian, Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II: Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program full day school dalam penguatan pendidikan karakter di SDN 100 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian berjumlah 6 orang yaitu 1 orang kepala sekolah dan 5 orang guru. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan program full day school dalam penguatan pendidikan karakter telah dilaksanakan dengan baik, mulai dari analisis hari efektif dan analisis program pembelajaran, perencanaan program tahunan, program semester dan program tagihan, penyusunan silabus, penyusunan rencana pembelajaran (RPP), hingga perencanaan penilaian pembelajaran. Pelaksanaan program full day school dalam penguatan pendidikan karakter telah dilakukan sesuai dengan perencanaan baik itu pada aspek pendekatan dalam pembelajaran, penggunaan strategi dan taktik dalam pembelajaran, penerapan metode dan teknik dalam pembelajaran, dan pelaksanaan prosedur pembelajaran. Evaluasi program full day school dalam penguatan pendidikan karakter di SDN 100 Kota Gorontalo telah dilakukan sesuai dapat prosedur mulai dari perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, hingga pada tahap pengelolaan data. Saran penelitian yaitu manajemen program pendidikan dengan sistem full day school dalam penguatan pendidikan karakter perlu ditingkatkan lagi agar lebih terarah secara maksimal dalam menciptakan generasi siswa yang memiliki nilai-nilai karakter dan dapat mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, saleh, sabar, jujur, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kata Kunci : Pengelolaan, Full day school, Penguatan Pendidikan Karakter. } }