@thesis{thesis, author={Dr. and MOHAMAD and WARNI }, title ={Pengaruh Akreditas Jurusan Terhadap Mutu Lulusan Mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo}, year={2019}, url={}, abstract={Mohamad Rein Lanangawa Nim (131 412 092). 2019. SKRIPSI "Pengaruh Akreditas Program Studi Terhadap Mutu Lulusan Di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Nina Lamatenggo, SE., M.Pd dan Pembimbing 11 Warni Tumar Sune, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) bagaimana mutu lulusan di Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG, (2) bagaimana akreditas program studi di Jurusan Manajemen Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG. (3) pengaruh akreditas program studi terhadap mutu lulusan di Jurusan Manajemen Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa jurusan manajemen pendidikan UNG yang berjumlah 225 kemudian diambil sampel menggunakan teknik Purposive sampling sebanyak 69 responden. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mutu lulusan di Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG berada pada kategori baik.(2) akreditas program studi di Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG berada pada kategori baik. (3) akreditas program studi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu lulusan Siswa di Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG. Untuk itu disarankan (1) bagi Perguruan Tinggi, perguruan tinggi harus bekerja secara optimal dengan mengembangkan seluruh potensi, energi, dan sumber daya yang dimiliki, untuk mencapai standar mutu lulusan yang baik sehingga memuaskan masyarakat. (2) bagi Jurusan, menentukan tinggi-rendahnya mutu sebuah produk (lulusan/sarjana). Input mencakup enrollment (mahasiswa), karakteristik pendidikan tenaga akademik(S-2, S-3), sumber daya finansial, fasilitas, program, dan dukungan pelayanan agar nantinya menghasilkan kualitas lulusan yang dapat bersaing secara nasional maupun internasional. (2) Bagi Dosen, harus memiliki kesadaran bahwa akreditasi sangat penting bagi para lulusan dan keberlanjutan program studi (prodi). Dengan demikian kualitas pendidikan di perguruan tinggi makin lama akan menunjukkan peningkatan signifikan, Kata kunci : Akreditas, Mutu, Lulusan, } }