@thesis{thesis, author={Dr. and Dra and RISNA }, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM BERBICARA KELAS I DAN II DI SDN 5 PONELO KECAMATAN PONELO KABUPATEN GORONTALO UTARA}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Risna A. Sardini. 2012. Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Berbicara Kelas Idan II di SDN 5 Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Dari permasalahan dapat dirumuskan masalah: Bagaimana Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Berbicara kelas I dan II di SDN 5 Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kelas rangkap dalam berbicara kelas I dan II di SDN 5 Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun hasil penelitian ini bahwa Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Berbicara kelas I dan II di SDN 5 Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara selama ini sudah cukup baik. Penggunaan model ini dilakukan karena faktor kekurangan tenaga guru, letak geografis yang sulit dijangkau, jumlah siswa relatif kecil, keterbatasan ruangan, atau ketidakhadiran guru. Penggunaan pola pembelajaran kelas rangkap sangat ditentukan oleh kondisi dan kebutuhan sekolah. Hal ini merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terutama bagi sekolah yang melakukan pembelajaran kelas rangkap. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan pembelajaran kelas rangkap guru diharapkan memahami konsep dan dapat melaksanakan pembelajaran kelas rangkap sesuai dengan kondisi tertentu yang menuntut guru melaksanakan pembelajaran kelas rangkap. Dengan diadakannya pembelajaran kelas rangkap proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dengan kekurangan yang ada. Kata Kunci : Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap, Berbicara } }