@thesis{thesis, author={MARTEN and SAMSI and ZULAEHA }, title ={Meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat melalui metode make a match di kelas IV SDIT Permata Ummat Tibawa Kabupaten Gorontalo}, year={2015}, url={}, abstract={ABSTRAK Marten Mahadjani, NIM. 151413268. 2014. "Meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat melalui metode make a match di kelas IV SDIT Permata Ummat Tibawa Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Zulaeha Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode make a match pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat di Kelas IV SDIT Permata Ummat Tibawa Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 11 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan melalui observasi pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran mata pelajaran PKn melalui metode make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi system pemerintahan pusat di kelas IV SDIT Permata Ummat Tibawa. Hal ini tergambar dari rata-rata motivasi siswa pada siklus I mencapai 50 % dan meningkat sebesar 91 % disiklus II, (2) Pembelajaran mata pelajaran PKn melalui metode make a match sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas IV SDIT Permata Ummat. Terlaksananya dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 3,83 dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 3,96. Dengan demikian, melalui metode make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDIT Permata Ummat yang berjumlah 11 orang. Kata kunci : Motivasi Belajar, dan Make A Match. } }