@thesis{thesis, author={HANO and IRVIN and Prof. }, title ={ Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Dalam Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyayi Pada Anak Kelompok B di TK Seruni Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo}, year={2015}, url={}, abstract={ ABSTRAK Hano Runu Rahmola, NIM 153 412 110 " Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Dalam Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B di TK Seruni Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo " 2014 Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd. Rumusan Penelitian ini adalah apakah metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan membilang angka dalam bahasa inggris pada anak kelompok B di TK Seruni Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo, adapun tujuan penetian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membilang angka dalam bahasa inggris melalui metode bernyanyi pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang melakukan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus kelompok B TK Seruni. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada observasi awal kemampuan anak membilang angka dalam bahasa inggris masih sangat minim. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan anak dalam membilang angka dalam bahasa inggris mengalami peningkatan menjadi 67% atau sebanyak 10 orang dari 15 anak dan pada siklus II sejumlah 13 orang anak atau 86 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jika guru menggunakan metode bernyanyi maka kemampuan membilang angka dalam bahasa inggris melalui metode bernyanyi pada kelompok B di TK Seruni Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat dan melebihi pencapaian yang ditetapkan. Kata kunci : membilang angka, metode bernyayi } }