@thesis{thesis, author={Dr. and Dra. and NURMALA }, title ={IDENTIFIKASI KESADARAN DIRI PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO}, year={2018}, url={}, abstract={ABSTRAK Nurmala Gani, 2018. Identifikasi Kesadaran Diri Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons. dan Pembimbing II Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesadaran diri pada anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat di peroleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa identifikasi kesadaran diri pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato dapat di identifikasikan. Diantaranya: a). anak-anak sudah mampu mengetahui kesadaran emosi dan menyadari perasaannya. b). Penilaian diri atau kemampuan memandang dirinya sendiri, dari 18 anak terdapat 3 anak yang belum mampu mengetahui nama panjangnya. c). sedangkan untuk percaya diri tampil di depan kelas dan menyatakan pendapatnya, anak-anak sudah mampu melakukannya bahkan saling berebut untuk maju di depan kelas. Kesimpulannya, pada aspek penilaian diri atau kemampuan memandang dirinya sendiri, terdapat 3 anak yang belum mampu menyebutkan nama panjangnya. Saran peneliti agar guru lebih aktif dalam memberikan dorongan untuk belajar terutama mengembangkan pembelajaran yang mengakomodir anak dengan belajar kesadaran diri dan menjadi pola ukur implementasi dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Kesadaran diri anak, Taman Kanak-Kanak, Kelompok B. } }