@thesis{thesis, author={BADRIYYAAH and Dr. and WIDIAWATI }, title ={HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGAJARAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BINTAUNA}, year={2012}, url={}, abstract={ABSTRAK Widiawati Labulango Nim 211 407 187 “Hubungan Efektivitas Pengajaran Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Bintauna”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: Berapa besar hubungan efektivitas pengajaran Guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bintauna. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Hubungan variabel X (efektivitas pengajaran guru) dengan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa), sampel penelitian ini adalah 30 orang dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi sederhana. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah Hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat hubungan positif antara efektivitas pengajaran guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bintauna” diterima. Hal ini dibuktikan perhitungan statistik, koefisien determinasi r^2 = 0,7396 atau 73,96%. Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi Belajar Siswa sebesar 73,96% ditentukan oleh Efektivitas Pengajaran Guru sedangkan sisanya 26,03% dipengaruhi oleh variabel lain, sedangkan daftar distribusi t pada taraf nyata 5% (? = 0,05) diperoleh t_daftar = 2,05, dari hasil tersebut di peroleh t_hitung lebih besar dari pada t_daftar (10,57 ?2,05) atau harga t_(hitung )telah berada diluar penerimaan H_0, sehingga korelasi di atas benar-benar signifikan. Kata Kunci : Efektivitas Pengajaran Guru, Motivasi Belajar Siswa. ? } }