@thesis{thesis, author={Dr. and NOPIN }, title ={Peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo}, year={2017}, url={}, abstract={ABSTRAK Nopin Naher. 2016. Peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. H. Sukarman Kamuli, M. Si, dan Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M. Si. Penelitian ini bertujuan unyuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo dan Faktor-faktor yang mendukung peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini yaitu bagaiman peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo dan faktor yang mendukung peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini tergolong pada penelitian kualitatifdengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Kewarganegaraan yang berada di SMK Negeri 2Gorontalo, Tehnik pengumpulan data melalu wawancara,obserfasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo yaitu 1) peran guru dalam perencanaan pembelajaran yang meliputi menganalisis kurikulum, menyusun program tahunan, program semester dan RPP. 2) peran guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Meliputih pengunaan media dan model pembelajaran yang sesuai. 3) peran guru dalam evaluasi pembelajaran yang meliputi penilian sikap religi (K1), sikap sosial (K2), Pengetahuan (K3), dan keterampilan (K4). Kesimpulan akhir dari penelitian ini yaitu peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 2 gorontalo telah dilaksanakan dengan baik. Terdapat faktor-faktor yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran PKn seperti faktor kemampuan guru, karakteristik siswa dan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Peran Guru, Kualitas Pembelajaran } }