@thesis{thesis, author={Dr. and KURSINA }, title ={KESADARAN WARGA PADA KEPEMILIKAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) Studi Kasus di Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.}, year={2019}, url={}, abstract={ABSTRAK ARMY ANDRAH ADITYA, 2018. "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK ALMAMATER TELAGA GORONTALO. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Sukarman Kamuli, M,si dan Pembimbing II Dr. Zulaecha Ngiu, M.pd. Permasalahan dalam penelitian ini menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI di SMK Almamater Telaga Gorontalo, menunjukan bahwa dari 30 siswa telah terdapat berbagai macam faktor yang mempengaruhi proses belajar sehingga nantinya berdampak pada hasil belajar, baik dari motivasi dari dalam diri (internal) ataupun dari luar diri (eksternal). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI Di SMK Almamater Telaga Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI Di SMK Almamter Telaga Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang terdiri dari kelas XI TKRO, XI DKDT, XI DPIB, XI TP, dan XI TKJ dengan jumlah keseluruhan 119 siswa. adapun orang yang diambil adalah 25% atau 30 orang yang dijadikan sumber data dalam penilitian. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik angket, yang di lengkapi dengan teknik obsevasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI dengan indikator faktor internal sebanyak 38,51% dari hasil olahan data kelima sub indikator yaitu: Kondisi fisik yang memiliki hasil persentase 39,16%, minat dengan persentase 33,33%, bakat dengan persentase 42,22%, motivasi dengan persentase 29,17%, dan gangguan emosi dengan persentase 48,68%. Sedangkan untuk indikator faktor ekstersnal sebanyak 47,87% dari hasil olahan data kelima sub indikator yaitu: keluarga dengan persentase 32,04%, sekolah dengan persentase 54,99%, teman bergaul dengan persentase 37,49%, kondisi alamiah dengan persentase 67,5%, dan instrumental dengan persentase 47,33%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI di SMK Almamater Telaga Gorontalo mengalami hambatan dalam proses belajar sehingga hal ini nantinya akan berdampak pada hasil belajar siswa. Kata kunci: Faktor " Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar } }