@thesis{thesis, author={Dr. and Hj. and ISKANDAR }, title ={Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan metode pembelajaran Otentik (outentic learning) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo}, year={2016}, url={}, abstract={ABSTRAK ISKANDAR S. DJOU, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan metode pembelajaran Otentik (outentic learning) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH., MH, dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Dalam Penelitian ini ditandai dengan adanya permasalahan-permasalahan yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Maka hal itu Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran otentik Outentik learning di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran otentik (ountentik learning). Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Dalam paparannya melihat hasil dari penelitian siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 68 % atau sebanyak 15 orang siswa artinya masih ada 7 orang siswa atau 32% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus 1 pertemuan 1 maka diadakan siklus 1 pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 18 orang atau 82% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 4 orang atau 18% .sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus 1 pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus 1 pertemuan 1 maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 82 % atau 18 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 22 siswa dikelas VIII-2. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajran otentik (outentik learning) apabila diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Metode Pembelajaran Otentik (outentik learning) } }