@thesis{thesis, author={Dr. and IKHSAN }, title ={Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Variasi Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X RPL B Cokroaminoto Kotamobagu}, year={2019}, url={}, abstract={ABSTRAK IKHSAN AZIS R. MAEL, 2018. Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Variasi Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X RPL B Cokroaminoto Kotamobagu. Skripsi, Pembimbing I : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X RPL B SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tanya jawab dengan variasi media gambar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, sekolah dan peneliti.Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas X RPL B SMK Cokroaminoto Kotamobagu dengan jumlah siswa 28 orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75%. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, adapun hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I sebanyak 17 orang siswa yang mencapai nilai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 61% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II sebanyak 23 orang siswa yang mencapai nilai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%. Hasil pengamatan kegiatan guru di dalam kelas dengan menerapkan metode tanya jawab dengan variasi media gambar menunjukkan bahwa di kelas X RPL B SMK Cokroaminoto Kotamobagu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus I pertemuan I mencapai 66% dan pada siklus I pertemuan II mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tanya jawab dengan variasi media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas X RPL B SMK Cokroaminoto. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab } }